Komentar Anda


ShoutMix chat widget

Followers

Che Guevara & Asma

Diposkan oleh Obat Sesak Nafas Senin, 11 Januari 2010

Ernesto Guevara de la Serna (14 Juni 1928 – 09 Oktober 1967), atau dikenal sebagai Che Guevara atau el Che, adalah dokter kelahiran Argentina, politikus yang berhaluan Marxis dan pentolan gerilya Kuba. Ketika kuliah sebagai mahasiswa kedokteran ia prihatin ketika mengunjungi daerah-daerah miskin di seantero Amerika Latin. Pengalamannya itu yang membentuk keyakinan bahwa hanya revolusi yang dapat menyembuhkan kesenjangan sosial yang parah waktu itu. Ia kemudian terlibat dalam gerakan di Guatemala dan juga Kuba.

Che menulis banyak artikel dan buku mengenai teori dan praktik perang gerilya. Setelah meninggal, ia menjadi ikon gerakan sosialis seluruh dunia. Foto di atas yang dijepret oleh Alberto Korda beredar luas ke seluruh dunia dengan beragam modifikasi, sehingga oleh The Maryland Institute College of Art didaulat sebagai “foto paling terkenal di dunia dan merupakan simbol abad ke-20.”

Guevara merupakan anak tertua dari lima bersaudara keluarga kelas menengah campuran Spanyol-Irlandia yang politiknya condong ke kiri-kirian. Walau Che Guevara mengidap asma, ia unggul baik sebagai atlet atau pun intelektual yang mampu menyelesaikan pendidikan kedokteran pada tahun 1953.

Perjuangan Che terkait sakit asmanya tersebut serasi dengan visi Klinik Alternatif Asma Wienarto, bahwa “Jangan biarkan ASMA mengendalikan HIDUP Anda… tapi kendalikan ASMA Anda.” Tema tersebut, yaitu “You Can Control Your Asthma” juga merupakan tema internasional untuk memperingati Hari Asma Sedunia 2008 yang jatuh pada tanggal 6 Mei 2008. (bbh).


Dikutip dari: Blog Wienarto

0 komentar

Poskan Komentar

Anda Tamu ke:

About Me

Foto saya
Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
Wienarto (Pak Wien) adalah seorang guru di SD Tedunan 2 Kedung Jepara, yang juga sebagai penulis lepas budaya dan sastra, gigih mencari konsep penyembuhan alternatif komplementer khusus asma/sesak nafas. Kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit asma, sudah banyak membantu para penderita penyakit asma. Bila saudara Anda atau Anda sendiri penderita asma, mudah-mudahan Pak Wien bisa membantu Anda lepas dari penderitaan asma.